Surya Darma Ali, Mundur Jadi Menteri Agama

Jakarta (wartaonline.co.id) 28/5

Setelah di dera isu trkait dugaan korupsi dana Haji akhirnya  Surya Darma Ali sebagai menteri Agama RI. pada Rabu (28/5/201) sore, secara resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Agama.

Surat pengunduran diri secara tertulis sudah diserahkan kepada Presiden RI selaku pemegang hak prerogatif. SDA mundur setelah ditetapkan menjadi tersangka atas kasus urusan haji.

Yulian Aldrin Phasa Juru Bicara Kepres melalui pesan singkatnya mengatakan surat pengunduran diri itu diserahkan SDA ke Istana Bogor.

Presiden untuk sementara menunjuk Agung Laksono sebagai Menteri Agama untuk menggantikan SDA pada peringatan Isro’ Mi’raj di Istana Bogor, nanti malam.

SDA memutuskan mundur dari anggota Kabinet Indonesia Bersatu Jilid dua, agar dapat berkonsentrasi pada persoalan hukum yang dihadapinya.

Sejak 22 mei 2014 KPK menetapkan SDA menjadi tersangka kasus penyalahgunaan jabatan dan wewenang sehubungan dengan urusan haji. SDA dijerat UU korupsi diancaman dengan ancaman hukuman maksimum 20 tahun penjara.

Sementara itu, Ahmad Yani fungsionaris DPP PPP bidang hukum menjelaskan, rencana SDA mengundurkan diri dari jabatan menteri agama sudah dibicarakan dengan pengurus DPP Partai Persatuan Pembangunan, sejak Selasa (27/5/2014) lalu.

Menurut Ahmad Yani kalau keputusan itu dianggap solusi yang terbaik agar tidak menjadi beban partai, pemerintah dan pribadi SDA, maka partai menyetujuinya.

Sampai saat ini SDA menyatakan belum tahu apa kesalahannya, “Dana haji mana yang saya selewengkan. Apalagi hasil audit BPK menyebutkan tidak ada masalah,” kata Suryadarma Ali. (jos/rst)

Foto : Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »