Mobil Tanpa Sopir Buatan Google Jadi Kenyataan

CALIFORNIA, (wartaonline.co.id ) 29/5

Mobil yang bisa mengemudi sendiri (self-driving car) tampaknya bukan sekadar impian saja. Google yang merupakan pembesut kendaraan ini kian serius mewujudkan ide ini. Bahkan versi prototipe akan segera diumumkan.

Google akan mulai menguji model prototipe musim panas ini. Versi awal akan mencakup kontrol kendaraan manual dan akan diuji oleh perusahaan. Akan ada 100 kendaraan uji yang semuanya autopilot (otonom) dengan fitur keselamatan yang ditambah.

Mobil autopilot milik Google ini dikabarkan oleh New York Times diracik oleh salah satu perusahaan mobil yang berbasis di Detroit. Namun Google menolak menyebutkan nama produsen tersebut.

Google telah mengembangkan teknologi self-driving vehicle dengan kendaraan uji yang dilengkapi sensor, laser, radar dan komputer yang memproses pemetaan dan software untuk memungkinkan kendaraan mereka berjalan secara otonom. Google mengatakan armada uji yang telah dicoba hingga 700.000 kilometer.

Mobil prototipe Google mengaplikasi beberapa komponen keselamatan tamabahan seperti busa pada bumper dan kaca plastik. Merupakan bagian dari laboratorium penelitian perusahaan yang disebut Google X.

Google prototipe car self-driving menggunakan model city car. Dimensinya seperti Smart ForTwo dengan dua kursi dan dua pintu. Digerakkan oleh motor listrik yang mampu melaju maksimal 40 kpj.

Mobil ini tidak memiliki kemudi dan pedal rem, karena tidak membutuhkannya. Perangkat lunak yang dikembangkan Google dan sensor melakukan semua pekerjaan. (kbc10/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »