Jamaah Haji dan Umroh diLewatkan Pintu satu Juanda

Surabaya (wartaonline.co.id) 8/5

Jamaah haji dan Umroh yang menggunakan jasa penerbangan lewat Bandara Juanda Surabaya, PT Angkasa Pura I Cabang Juanda akan segera mengalihkan penerbangan untuk jamaah umrah dan haji dari Terminal Dua (T2) ke Terminal Satu (T1). Langkah ini dilakukan guna memecah kepadatan T2. Terlebih fasilitas di bekas terminal internasional T1 sejak dipindahkan ke T2 cukup longgar dan masih bisa difungsikan.

General Manager PT AP I Cabang Juanda, Trikora Harjo mengatakan, faktor yang paling mendasari dialihkannya penumpang jamaah umrah dan haji ke T1 adalah karena banyaknya jumlah pengantar jamaah umrah dan haji. Rata-rata, jumlah pengantar bisa mencapai tiga orang per jamaah.

“Jika satu pesawat berisi 450 penumpang sekali flight, dengan pengantar berjumlah tiga orang, maka dalam satu penerbangan, arus penumpang dan pengunjung sudah mencapai sekitar 1.800 orang. Dasar inilah yang kami jadikan pegangan, agar kepadatan di T2 tidak semakin bertambah. Sementara di bekas terminal internasional T1 masih cukup lowong setelah berpindah ke T2 untuk bandara internasional,” ujar Trikora Harjo, Surabaya, Kamis (8/5/2014).

Sementara untuk stand parking (parkir pesawat), di T2 tidak memungkinkan menampung pesawat jamaah umrah maupun haji. Sebab, pesawat yang digunakan untuk umrah dan haji rata-rata wide body (berbadan besar) seperti pesawat jenis Boeing, seperti yang digunakan Garuda Indonesia dan Flynas untuk umroh.

Pesawat badan lebar juga dimiliki ariline lainnya, seperti Cathay Pacific, China Airline, Singapore Airline yang masuk kategori wide body. “Belum lagi tahun ini Saudi Airline berencana masuk ke Juanda,” tambahnya.

PT AP I Cabang Juanda sudah berkirim surat ke Kementerian Perhubungan, Dirjen Bea Cukai, kantor Pusat PT AP I, dan Kementerian Pertanian yang membawahi balai Besar Karantina. Surat bersifat pemberitahuan, karena semua fasilitas di T1 belum dicabut dan masih bisa difungsikan. “Harapan saya secepatnya bisa terealisasi,” tegas Trikora.(kbc6/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »