Bea Cukai Soekarno-Hatta, gagalkan penyeludupan sabu-abu

Jakarta (wartaonline.co.id) 27/5

Marakanya peredaran narkotika yang masuk ke Indonesia kini pelaku pengedar tertangkap di bandara  Soekarno-hatta Tanggerang. Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, menggagalkan penyelundupan sabu sebanyak 4.532 gram senilai Rp 6,1 miliar yang berpotensi merusak 31 ribu generasi muda.

“Nilai sebesar itu berasal dari empat kasus upaya penyelundupan sabu melalui Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta,” kata Okto Irianto Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, di Tangerang, Senin, (26/5/2014).

Dikutip dari Antara, kasus pertama terjadi pada 28 April yakni penyelundupan sabu sebanyak 350 gram senilai Rp472 juta yang disembunyikan di bagian jam berbentuk traktor.

“Dari kasus tersebut, petugas menangkap pelaku berinisial ER (32) yang merupakan perempuan berkewarganegaraan Indonesia.

Kasus kedua terjadi pada tanggal 8 Mei, petugas menyita sabu sebanyak 1.138 gram atau senilai Rp1,5 miliar yang disembunyikan di dalam kemasan teh Tiongkok.

Adapun pelaku yang ditangkap yakni WNI berinisial JY (34). Pelaku berencana mengedarkan narkotika ke Surabaya, namun saat singgah di Jakarta setelah melakukan penerbangan dari Beijing.

Kasus ketiga dan keempat yakni penyelundupan sabu sebanyak 2.850 gram atau senilai Rp3,8 miliar pada tanggal 11 Mei.

Modus yang digunakan yakni dengan cara ‘body strapping’ atau menyembunyikan sabu di bagian paha dengan pelaku WN Malaysia berinisial TL (62) dan YA (55) dengan modus disembunyikan pada sepatu yang digunakannya.

Seluruh tersangka dan barang bukti diserahkan ke penyidik Polres Bandara Soekarno-Hatta untuk pengembangan lebih lanjut.

Sementara itu, AKP Wempy, Wakasat Polres Bandara Soekarno-Hatta, menuturkan pelaku dijerat UU Nomor 35 Tahun 2009 Pasal 113 Ayat 1 dan 2 dengan pidana 15 tahun dan denda Rp 10 miliar.

“Karena barang bukti melebihi lima gram, maka dipidana mati,” ujarnya. (ant/ain/ipg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »