13 PPK KPU Kab.Pasuruan jalani sidang kode etik

Surabaya (wartajatim.com) 6/5

Kasus suap terhadap 13 PPK di KPUD Kabupaten Pasuruan, kini terus mengelinding. Selain dugaan pelanggaran pidananya ditangani Polres Pasuruan, 13 oknum ketua dan anggota PPK nonaktif Pasuruan yang menerima dugaan suap dari caleg Partai Gerindra, akan menjalani sidang DKPP di kantor Bawaslu Jawa Timur.

Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) itu digelar, karena diduga 13 PPK tersebut juga melakukan pelanggaran kode etik.

“Terkait dengan kode etik, maka DKPP aka menggelar sidang kode etik terhadap 13 PPK,” kata Sri Sugeng Pujiatmiko anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur, Senin (5/5/2014).

Sugeng menerangkan, sidang DKPP akan digelar di kantor Bawaslu Jatim Jalan Tanggulangin, Surabaya, pada Selasa (6/5/2014), dengan menggunakan metode teleconference.

“DKPP kan ada di Jakarta. Karena tidak mungkin di sini, maka nanti sidang secara teleconference dengan majelis pemeriksa yang ada di Provinsi Jawa Timur,” tandasnya sambil menambahkan, barang bukti yang sudah disiapkan untuk menunjang persidagan tersebut diantaranya, Surat pernyataan dari 13 PPK, bukti dan kwitansi yang diterima PPK. Berita klarifikasi yang dilakukan Panwaslu Kabupaten Pasuruan terkait 13 PPK yang menerima dari salah satu caleg.

Seperti yag diberitakan sebelumnya, kasus ini bermula dari caleg asal Gerindra DPRD Provinsi Jatim Agustina Amprawati yang diketahui kalah dalam Pileg, menyuap 13 ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Pasuruan. Ia dijanjikan Ketua PPK bisa mengamankan suara 5.000 per kecamatan dengan harga Rp 116 juta. Namun ternyata belakangan ia ditipu karena suara yang dijanjikan tidak terbukti.

Ke-13 oknum PPK yang terindikasi menerima suap yakni Ketua PPK Gempol Khumaidi, Ketua PPK Lekok Lutfi, Ketua PPK Prigen Tauhid, Ketua PPK Beji Budiharja, Ketua PPK Gondangwetan Musta’in, Ketua PPK Grati Sholeh, Ketua PPK Pohjentrek Edi, anggota PPK Wonorejo Suhud, Ketua PPK Sukorejo Eko, Ketua PPK Purwosari Imam, anggota PPK Winongan Endang, Ketua PPK Bangi, Sujarwanto serta Ketua PPK Kraton Ansori. (wan/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »