Sebar Kunci UNAS, Polisi Tangkap Siswa SMAN 12 Surabaya

Surabaya – Terbongkarnya kasus peredaran kunci jawaban Ujian Nasional (Unas), dan usai memeriksan 15 siswa, Polrestabes Surabaya akhirnya berhasil mengamankan penyebarnya yang berinisial R. Pelaku berstatus pelajar SMA Negeri 12 Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta menjelaskan, setelah melakukan pemeriksaan dari 15 saksi, petugas mengarahkan pada 1 siswa yang secara meyakinkan menjadi otak dari tersebarnya kunci jawaban Unas di kalangan peserta Ujian

“Kini penyidik di fokuskan ke R, dan bisa kemungkinan statusnya sendiri ditingkatkan menjadi tersangka,” terang Setija.

“Petugas mengamankan dua orang siswa di kawasan Benowo Rabu (16/4) dini hari, meskipun sudah saya amankan, kita masih memberi kesempatan keduanya untuk mengikuti Unas. Sayangnya, 2 dari siswa ada 1 siswa melarikan diri dan tidak ikut ujian, dari sini petugas semakin curiga terhadapnya. Setelah melakukan pendekatan dengan orang tuanya, kami dapat melakukan pengamanan lagi,” tambahnya, Sabtu (19/4/2014).

Usai terungkapnya beredarnya kunci jawaban tersebut, Kapolrestabes langsung berkoordinasi dengan dengan dinas pendidikan Provinsi dan Kota surabaya, serta menghubungi Menteri Pendidikan M Nuh.

“Kami juga sudah melakukan kontak (telphon) dengan bapak menteri (Menteri pendidikan) bahwa jawaban Unas sendiri baik Diknas maupun siapa saja belum ada yang tahu, sebab jawaban tersebut akan dikirim satu minggu usai Unas,” lanjut setija menirukan ucapan M Nuh.

Seperti diberitakan sebelumnya, petugas mengamankan dua siswa penyebar kunci Ujian Nasional (Unas), yang didapat dari temannya saat chating, lembar jawaban tersebut dijual seharga Rp 150 ribu petugas mengamankan 200 lembar kunci jawaban sebanyak 200 lembar. [gil/but]  (beritajatim.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »