Kurang Tidur Bikin Jelek Wajah Anda

Jakarta- Tidur yang cukup tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi membuat penampilan Anda lebih cantik dan segar.

Penelitian baru-baru ini, yang termuat dalam jurnal Sleep, menunjukkan ketika tubuh tidak mendapat cukup tidur maka yang akan mudah terlihat adalah mata bengkak dan merah, kelopak mata turun dan kulit lebih berkerut.

Sedangkan mendapat delapan jam tidur dalam sehari akan membuat wajah terlihat lebih menarik dan sehat. Anda pernah tahu apa penyebab wajah tampak jelek ketika kurang tidur?

Dr Sherrif F. Ibrahim, asisten profesor di Departemen Dermatologi di University of Rochester Medical Center, mengatakan ini karena tubuh mengalami retensi air atau kegemukan air. Sementara kulit kelopak mata atas dan bawah adalah kulit tertipis di tubuh kita.

“Setiap perubahan dalam hidrasi, apakah Anda mengalami dehidrasi atau retensi garam karena makan besar malam sebelumnya, kulit tipis mudah memperlihatkannya dibanding kulit lain,” kata Ibrahim, seperti dikutip HuffPost edisi Rabu (9/4/2014).

Secara khusus, dehidrasi akan menghasilkan tampilan yang lebih cekung. Memiliki terlalu banyak garam akan menyebabkan retensi air dan terlihat bengkak.

Bagaimana tidur mempengaruhi retensi air, memang belum sepenuhnya diketahui. Namun Ibrahim berspekulasi itu bisa saja ada berhubungan dengan mengapa seseorang begadang pada malam sebelumnya.

Soal lingkaran hitam yang terkadang muncul di bawah mata seseorang yang kurang tidur, Ibrahim mejelaskan itu disebabkan pembuluh darah di bawah kulit yang berwarna yang lebih gelap.

Jadi ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda dapat lebih melihat warna pembuluh darah (yang muncul biru di bawah kulit). Pada orang yang memasuki usia paruh baya, tandanya adalah akan mulai kehilangan volume suara, menghasilkan apa yang disebut ” air mata palung”. (Sumber : inilah.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »